Home / Beritakini / Semeru Meletus, Jam 4 Sore di Lumajang Seperti Tengah Malam

Semeru Meletus, Jam 4 Sore di Lumajang Seperti Tengah Malam

BERITAKINI talentafmnews.com – Gunung Semeru meletus, jam 4 sore di Lumajang seperti sudah tengah malam.

Kesaksian tersebut disampaikan oleh warga setempat dan mendokumentasikan kejadian langka tetsebut dengan kamera ponselnya.

“Saat ini baru jam 4 sore di Lumajang, namun seperti sudah malam. Gelap sekali,”katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur, Drs.Budi Santoso dalam laporan menyampaikan, pada hari Sabtu, 4 Desember 2021 pukul 15.00 WIB,  terjadi peningkatan aktivitas Gunung Berapi Semeru disertai Awan Panas Guguran.

“Jadi awan panas guguran yang kemudian disertai hujan abu yang kami duga membuat suasana seperti gelap jam 4 sore di Lumajang,”katanya.

Warga juga dihimbau menjauhi daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru. Sementara korban jiwa sejauh ini masih nihil.

“Mengenai dampak yang ditimbulkan akibat erupsi ini, masih dalam pendataan,”imbuhnya.

Selain itu, Agen Bencana Provinsi Jatim dan TRC PB BPBD Kab. Lumajang menuju lokasi untuk assesment dan melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru.

“BPBD Kabupaten Lumajang juga telah berkoordinasi dengan perangkat desa setempat,”tambah Budi Santoso.

Wawan Hadi Siswoyo Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang mengatakan, pihaknya sudah mengirim genset dan masker ke daerah yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Guguran awan panas dan lahar dingin mengakibatkan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang gelap, berkabut, dan hujan,”ungkap Wawan Hadi Siswoyo.

Selain itu, aliran listrik padam. Saat ini petugas fokus mengevakuasi warga, dimana kejadian tersebut sama persis dengan yang terjadi pada tahun 2020 lalu.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.