Home / Peristiwa / Sikap Bijak Kasta NTB Beri Solusi Soal Polemik Perubahan Nama Bandara

Sikap Bijak Kasta NTB Beri Solusi Soal Polemik Perubahan Nama Bandara

BERITAKINI talentafmnews.com – LSM Kasta NTB bersikap bijak dan beri pernyataan sebagai solusi atas polemik  rencana pergantian nama Bandara Internasional Lombok (BIL) menjadi Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Internasional Airport yang menyulut persoalan sosial di tengah masyarakat.

Ketua Pembina KASTA NTB, Lalu Winks Haris dalam pernyataan tertulisnya pada Selasa 19/11/2019 menyatakan, rencana perubahan nama bandara yang berlokasi di kabupaten lombok tengah tersebut, hendaknya melalui mekanisme dan tahapan yang diatur dalam aturan per Undang Undangan yang berlaku.

Terutama tandas Winks, sapaan akrab pentolan Kasta NTB ini, peraturan Menteri nomor 39 tahun 2019 tentang Tatanan Kebandar udaraan Nasional dimana di dalamnya mengatur dengan sangat jelas tentang mekanisme penetapan dan atau perubahan nama sebuah bandara.

Selain itu lanjut Winks, agar menghindari pengerahan massa dalam jumlah yang besar dalam menyatakan dukungan dan atau penolakan atas rencana perubahan nama bandara Lombok International Airport tersebut, karena berpotensi menimbulkan gesekan antar kelompok dan friksi fisik yang bisa berakibat merugikan kepentingan umum.

“Kami meminta kepada elit-elit dan pemimpin daerah serta tokoh-tokoh agama maupun adat untuk bersikap bijaksana, menghindari mengeluarkan ucapan dan tindakan provokatif, serta selalu berusaha menjembatani ketidak sepahaman soal pergantian nama bandara ini sehingga pada akhirnya nanti semua akan menemukan jalan keluar sebagai solusi yang disepakati bersama,”jelasnya.

Berikutnya lanjut Winks, hendaknya semua pihak lebih berpikir kepentingan masyarakat luas dan menafikan ego diri, kelompok dan atau kepentingan primordialis lainnya karena yang akan paling merasakan dampak buruknya pastilah rakyat jelata.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.