Home / Beritakini / Soal Dam Mujur, Kasta NTB Kembali Nyatakan Dukung Pemkab Loteng

Soal Dam Mujur, Kasta NTB Kembali Nyatakan Dukung Pemkab Loteng

BERITAKINI talentafmnews.com – Kasta NTB kembali menyatakan dukungan sepenuhnya atas langkah-langkah Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Tengah (Loteng), dalam upaya untuk melanjutkan kembali rencana realisasi pembangunan Dam Mujur Mandalika (DMM).

Presiden KASTA NTB, Lalu Wink haris, senin 17/1/2022 kepada Talentafm dalam rilisnya menyampaikan, pihaknya telah menyampaikan pernyataan dukungan tersebut pada pertemuan yang khusus membahas tentang rencana pembangunan DMM di hotel Aruna Senggigi Minggu 16 Januari 2021.

Pertemuan tersebut lanjut Lalu Wink Haris, dihadiri oleh anggota DPR RI dapil Lombok Haji Bambang Kristiono atau yang akrab dipanggil HBK, Bupati, Sekda Lombok Tengah serta beberapa kepala OPD, perwakilan BWS NT I serta H. Andi Iwan Darmawan Aras selaku wakil pimpinan komisi V DPR RI.

Pada kesempatan pertemuan itu lanjut Lalu Wink Haris, pihaknya menyatakan apresiasi atas langkah-langkah konkrit yang mulai dilakukan Pemkab, terutama melakukan komunikasi yang lebih intens dengan pemerintah pusat, agar mendapatkan support yang lebih besar, terutama berkaitan dengan anggaran pembangunan termasuk biaya pembebasan lahan.

“Banyak proyek bendungan di NTB, termasuk bendungan meninting di Lombok barat dibiayai sepenuhnya oleh APBN. Kita berharap DMM juga dengan dukungan abang-abang kita di DPR RI, bisa mewujudkan Dam Mujur Mandalika sebagai proyek strategis nasional,”kata LWH sapaan akrab pria gondrong ini.

Keberadaan DMM itu lanjut LWH, dengan luas area mencapai 394,44 hektar dengan daya tampung air baku mencapai 25 juta kubik, akan sangat bermanfaat untuk kebutuhan irigasi bagi 6.488 hektar lahan produktif di bagian selatan timur Lombok Tengah.

“DMM itu nantinya, akan bisa secara langsung memberikan manfaat sangat besar bagi para petani, yang selama ini di kawasan tersebut, setiap tahun selalu mengalami dampak kekeringan akibat sumber air yang hanya berharap dari tinggi atau rendahnya curah hujan,”jelas LWH.

Termasuk juga ancaman kekeringan saat musim kemarau melanda yang mengakibatkan masyarakat selalu kekurangan suplai air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Yang tidak kalah penting lanjut LWH, keberadaan DMM ini akan dapat menjadi cadangan air bersih bagi kebutuhan air di kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Setiap tahun Lombok Tengah akan mendapat kunjungan 400-san ribuan tamu yang akan menonton perhelatan balap motor, baik itu MotoGP, WSBK dan beberapa kegiatan balap motor lainnya di sirkuit Mandalika, sehingga kebutuhan air bersih juga diproyeksikan mengalami peningkatan.

“Sehingga suplai air dari DMM itu nantinya,  akan sangat vital menjadi sumber utama yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih,”terang LWH.

Dukungan dari anggota DPR RI di Senayan Haji Bambang Kristiono, dalam perjuangan penganggaran di pemerintah pusat tandas LWH, patut juga diapresiasi dan ia berharap dikabulkan.

“Karena sekali lagi, keberadaan Dam Mujur ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Lombok Tengah. Tentunya dalam setiap tahapan pembangunan, jika ini nanti direalisasikan, hak-hak masyarakat terdampak di lokasi bendungan juga harus jadi prioritas utama,”imbuhnya.

Karena sejatinya lanjut LWH, pembangunan adalah upaya bersama untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, maka tentu harus ada jaminan hak-hak rakyat di lokasi terdampak dan harus paling diutamakan.

Pihaknya berharap, pemerintah Daerah Lombok Tengah melakukan evaluasi beberapa program yang sudah beberapa kali dilaksanakan, namun belum maksimal dieksekusi.

“Sinergisitas semua pihak untuk mau bekerjasama mewujudkan pembangunan dam mujur mandalika sangat kami harapkan. Agar semua tahapan bisa berjalan sesuai rencana, termasuk dukungan penuh dari seluruh anggota DPRD Lombok Tengah,”pungkas LWH.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.