Home / Beritakini / Tanggapi Persoalan KTI Langko, KTI Loteng Berikan Pandamgan

Tanggapi Persoalan KTI Langko, KTI Loteng Berikan Pandamgan

BERITAKINI talentafmnews.com –  Tanggapi persoalan Karang Taruna Indonesia (KTI) Desa Langko Kecamatan Janapria, KTI Lombok Tengah (Loteng) NTB berikan pandangan.

Ketua KTI Loteng, Saddam Husen pada Jumat 6/5/2022 menjawab konfirmasi Talenta FM atas pemberitaan sebelumnya: https://www.talentafmnews.com/lppd-soroti-kti-desa-langko-yang-dinilai-mandul-dan-mati-suri/

Saddam Husen menyampaikan, hal itu menjadi persoalan di masing-masing desa. Salah satu penyebab utama organisasi kepemudaan ini tidak jalan untuk berkegiatan formal dan non formal di akibatkan terkadang oknum kepala desa mengangkat Ketua Karang Taruna sebagai formalitas saja.

“Padahal banyak Karang Taruna desa ini anggarannya sampai 25 juta pertahun,”kata Saddam Husen.

Diminta saranya atas apa yang terjadi atas KTI Langko, Saddam Husen mengatakan, hal itu sederhana saja.

“Kalau saran saya bang sederhana, kalau memang ketua karang taruna desa tidak menjalankan tugasnya sebagai ketua karang taruna, kenapa tidak rekan-rekan pemuda melakukan resufle kepengurusan,”kata Saddam.

Akan tetapi alangkah baiknya kepala desa mengambil sikap untuk ajak berdiskusi rekan-rekan pemuda dan ketua karang taruna yang menjabat sekarang.

“KTI Kabupaten, tidak bisa intervensi terlalu jauh kepada rekan-rekan KTI Desa, karena kecamatan ada disana untuk saling berkordinasi,”imbuh Saddam.

Tugas utama KTI Kabupaten tahun ini, untuk konsolidasi agar Karang Taruna Kecamatan dan desa tidak putus garis koordinasinya ke Kabupaten atau pun Provinsi, meskipun SK nya tidak di keluarkan oleh Karang Taruna Kabupaten.

“Karena kalau kami lihat, karang taruna masing- masing desa tidak mau membangun komunikasi dengan KTI kecamatan atau pun kabupaten. Karena merasa dirinya sudah di SK kan oleh pemerintah desa, itu penyebabnya rekan-rekan tidak terlalu utamakan berkordinasi ke tingkat kecamatan atau pun kabupaten,”pungkas Saddam Husen.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.