Home / Layanan Publik / Ummi Rohmi Apresiasi serta Dukung Komitmen DDOROCARE

Ummi Rohmi Apresiasi serta Dukung Komitmen DDOROCARE

MATARAM (NTB) talentafmnews.com – Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah atau yang akrab di sapa Ummi Rohmi pada Sabtu 24 September 2022 menerima audiensi DDOROCARE (Aksi Indonesia Lestari Fondation) di ruang kerjanya di Kantor Gubenrur NTB.

Founder dan Direktur DDOROCARE Muhamad Wahyu Rosadi pada senin 26/9/2022 dalam rilisnya ke Talenta FM menyampaikan, bahwa komunitasnya berkomitmen pada pengelolaan sampah berbasis pemberdayaan masyarakat di destinasi wisata Lombok, NTB.

Hal tersebut didukung oleh program yang sedang dilaksanakan bersama 25 mahasiswa yang sedang mengikuti program magang Kampus Merdeka Kemendikbudristek dari 22 Perguruan Tinggi yang berasal dari 12 Provinsi seluruh Indonesia selama 4 bulan kedepan.

“Program ini bertujuan untuk membantu penanganan perubahan iklim melalui pengolahan sampah di destinasi wisata di NTB,”kata Muhammad Wahyu Rosadi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan kedepannya, diantaranya; melakukan riset timbulan sampah di 10 destinasi wisata di NTB, untuk mengetahui jenis timbulan sampah terbesar serta memberikan rekomendasi kebijakan terkait pengelolaan sampah yang tepat.

Selain itu merancang grand design wisata minim sampah, mengajak wisatawan yang berkunjung ke NTB dan para pelaku wisata untuk bertanggung jawab terhadap sampah yang dihasilkan, membuat aplikasi mobile untuk memudahkan brand audit.

Selanjutnya, meminta pertanggungjawaban produsen penghasil sampah di destinasi wisata dari data brand audit yang didapatkan, membuat workshop pengolahan sampah untuk mencetak lokal hero di setiap kab/kota di NTB, serta membuat kampung iklim yang di dalamnya terdapat Sentra Pengelolaan Sampah Terpadu.

“Kami juga sudah membuat mesin pencacah sampah kemasan plastik yang dianggap residu untuk mengurangi jumlah timbulan sampah yang berakhir ke TPA dan Laut,”jelas Muhammad Wahyu Rosadi.

Hasil cacahan sampahnya kemudian digunakan untuk dijadikan bahan baku pembuatan bantal sofa, bean bag, kasur, dan bantal.

Tentu Hal itu, mendapat respon baik dari Umi Rohmi. Permasalahan sampah harus diselesaikan bersama-sama sehingga terasa ringan dan kesadaran masyarakat dapat terus meningkat.

“Kita juga mendorong destinasi wisata, untuk mengelola sampahnya. Kita berharap destinasi wisata kita ini diperhatikan pengelolaannya,” ujarnya

Selain mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, pengelolaan sampah rumah tangga juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *