Home / Peristiwa / Warga Kerembong Demo Minta Pemblokiran Siskeudes Dibuka

Warga Kerembong Demo Minta Pemblokiran Siskeudes Dibuka

TALENTAFMNEWS.COM  – Massa warga Desa Kerembong, Kecamatan Janapria, Lombok Tengah, NTB pada rabu 16/11/2022 geruduk Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lombok Tengah, mereka menuntut pemblokiran siskeudes dibuka.

Koordiator massa, Abdul Siman, pada kesempatan tersebut mempertanyakan terkait payung hukum yang melandasi pemblokiran yang dilakukan oleh DPMD tersebut.

“Apakah di perbup 103, ada pasal atau aturan yang mengatakan kepala dinas PMD berhak melakukan pemblokiran sistem keuangan desa, apabila kepala desa memberhentikan atau memutasi perangkatnya?”ujar Abdul Siman.

Abdul Siman merasa heran dengan sikap DPMD yang diduga hanya desa Kerembong saja yang di blokir, sementara ada (desa) yang lebih parah lagi, dimana salah satu desa memecat prangkat desanya dan hanya disisakan satu saja.

“Tapi kok tidak ditegur dan tidak di blokir juga siskeudesnya, kenapa harus Desa Kerembong saja! Ada apa?? Ujar Siman lagi.

“Kayaknya Bupati Lombok Tengah harus segera evalusi Kadis PMD,” tandasnya.

Sementara itu, Kadis DPMD Lombok Tengah, Zaenal Mustakim yang saat itu secara langsung menemui warga menjelaskan panjang lebar terkait dengan pemblokiran tersebut.

Ia mengatakan, bahwa digantinya nama sekdes yang lama dengan yang baru di sistem, tidak serta merta aka bisa memfungsikan siskuides tersebut.

“Kalaupun diganti dengan nama sekdes yang baru, maka akan secara otomatis akan dilakukan penolakan oleh sistem,”jelas Zaenal Mustakim.

Namun atas penjelasan tetsebut, salah satu perangkat desa kerembong yang memegang siskeudes mejelaskan, sistem tersebut sudah merubah nama sekdes lama dengan sekdes baru dan sudah bisa di print out.

Namun, selang beberapa hari siskeudes desa kerembong sudah tidak bisa di akses lagi dan telah berganti nama dari sekdes baru ke sekdes lama.

 

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *