Home / Beritakini / Warga Pertanyakan Proyek di Awang Yang Diduga Siluman

Warga Pertanyakan Proyek di Awang Yang Diduga Siluman

BERITAKINI talentafmnews.com.- Warga Desa Mertak Kecamatan Pujut Lombok Tengah NTB, pertanyakan sebuah proyek yang diduga “siluman” sedang dikerjakan di Dusun Awang Balak III Desa Mertak.

Pasalnya tidak ada sama sekali plang proyek yang dipasang oleh pihak pelaksana sejak proyek itu dimulai awal maret lalu, hingga saat ini.

“Kami masyarakat Awang Balak, tidak tahu persis apa nama proyek ini dan dikerjakan oleh pihak mana,”ungkap Kepala Dusun Awang Balak III , Mashuri SH, rabu 6/4/2022 kepada Talenta FM via WA.

Lebih lanjut Mashuri menuturkan, dalam proyek tersebut, sama sekali tidak ada warga setempat yang dilibatkan. Baik dalam perencanaan maupun ikut sekedar sebagai pekerja proyek.

“Jadi proyek ini membangun semacam rabat jalan kampung dari rumah ke rumah,”lanjut Mashuri.

Dirinya lanjut Mashuri, bingung saat ditanya warganya terkait dengan proyek tersebut. Seperti berapa anggaran, proyek darimana dan siapa pelaksana proyek karena tidak melibatkan warga setempat.

Sejauh yang ia ketahui lanjut Mashuri, mestinya sebelum proyek itu dikerjakan, pihak terkait harus melakukan sosialisasi agar duketahui tujuan, visi dan misi kegiatan tersebut.

“Selain itu, pihak pelaksana harus memasang plang proyek. Itu sesuai perintah undang-undang,”ujar Mashuri.

Dijelaskan Mashuri, sesuai kepres No.8 tahun 2003 tentang pedoman pelaksaan pengadaan  barang/jasa pemerintah, pelaksana atau kontraktor harus memasang plang nama proyek.

Hal itu wajib dilakukan agar masyarakat bisa melakukan pengawasan atas pelaksanaan proyek, sekaligus sebagai pembeda antara proyek pemerintah dan swasta.

“Ini bagaimana kami mengetahui berapa volume proyek dan anggaranya, plang nama proyek tidak ada. Maka kami minta pihak terkait segera menindak tegas hal ini,”tandas Mashuri.

Yang ada satu-satunya sebagai identitas proyek itu imbuh Mashuri, hanya sebuah tulisan yang dibuat menjadi bagian dari rabat jalan bertulis : KALAJU AWANG.

About Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.